Senin, 01 Desember 2014

Apa itu OJT?


Hai My Blog, bagaimana kabar di sana? Yang di mana ya? Yang ada di hati aja deh, haha.
Sudah sekali aku tidak membuat postingan alay di blog saya yang indah ini, ya.

Oke begini saja saya akan menceritakan hal yang paling umum dulu ya tentang pengalaman saya di buan November. Ane meninggalkan bangku kuliah dan akhirnya nguli atau ngebabu demi negara, coy. Tepatnya tanggal 10 November saya dan empat orang alumnus sekolah tinggi kamu datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pratama) Tegal di Jalan Kolonel Sugiyono kalau tidak salah. Kami bertemu dengan Bu Toipah yang mengurus anak-anak PKL, magang, atau pun OJT di kantor. Beliau merupakan orang penting di Subbag Umum, salah bagian kantor yang mengurus hal-hal umum di luar tugas pengumpulan pajak, ya pekerjaan terkait oritentasi pegawai baru, penerimaan pegawai baru, absensi, gaji pegawai, surat-menyurat, yah hal umum di bagian belakang kantor, yang mengurus dan melayani pegawai di kantor. Alhamdulillah, kami tidak pernah sekalipun bertemu dengan kepala kantor sampai detik ini. Kepala Subbag Umum pun tidak mengatakan apapun kepada kami, kami hanya bertemu dengan bu Toipah lalu menunggu dibuatkan surat atau nota dinas bahwasanya kami akan OJT (On the Job Training) di kantor selama kurang lebih minimal emapt bulan.
Setelah kami menunggu hanya dua jam, kami langsung diberikan nota dinas dan ke lantai bawah agar jempol kami bisa buat absen di alat fingerprint. Yah alat seperti itu sudah menjadi bagian yang lazim di sekitar kantor bukan. Saya dan Tia mendapat bagian di seksi pelayanan, Uzi dan Nurdin ditempatkan di ekstensifikasi, dan Zandra, anggota geng icikiprit paling cantik di anatar berlima (wkk) ditempatin di Subbag Umum. Jelas kalau Zandra ditempatin di umum karena wajahnya bagaikan Rapunzel di film kartun terkenal Disney, sedangkan saya di pelayanan karena wajah saya lebih mirip Cinderella sehingga layak di tempat yang harus melayani semuanya. Haha, itu hanya bercanda, karena memang saya dapat kocokannya di pelayanan. (emang arisan apa).
Entahlah apa alasana mengapa bu Toipeh (yang nama akun messengernya adalah Tipeh cantiq) itu memilih princess kayak saya menjadi bagian dari seksi pelayanan. Yang jelas, selama empat minggu saya dan Tia Martina harus bergelut dengan perkerjaan yang biasa kami sebut dengan ENDLESS JOB (Bukan Endless Love), artinya pekerjaan yang tidak akan pernah berhenti walau kalian bekerja dengan sekuat tenaga, melototin kertas dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi lagi karena SPT dari KPP sendiri dan KPP lain bakal akan terus ada setiap harinya. Belum lagi orang atau badan yang mau buat NPWP dan badan khususon yang mau dikukuhkan menjadi PKP.
Sebelum saya menceritakan hal indah dalam beberapa minggu ini, saya kan beritahu apa itu NPWP, Nomor Pokok Wajib Pajak, yang terdiri dari lima belas digit sebagai nomor bagi wajib pajak dalam menjalankan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan. Tiap hari neh pasti ada aja yang buat NPWP, dari anak SMK yang belum jelas bakal lulus UAN tahun depan, dari kuli bangunan yang disuruh majikannya buat NPWP yang belum jelas gajinya dapat berapa, apakah melibihi PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak), dari pedagang yang disuruh bank untuk buat NPWP demi mendapatkan modal atau pinjaman dari bank, yang mungkin tidak seberapa(gak nyampe 5 juta kali), yang harus lapor SPT dia yang NIHIL, atau dari penjual warteg yang kudu bayar 1% dari omzet mereka tiap bulan ke bank atau kantor pos, dan lain-lain sebagainya, pokoknya macam-macam dah.
Namun, kerjaan ane dan Tia belum disuruh ngadepin pendaftaran NPWP atau pengukuhan PKP (Pengusaha Kena Pajak), tetapi masih harus ngadepin kertas, terus..kertas..terus kertas..terus kertas. Ya gitu deh, kerjaan ane, dari ngecek apakah tahun pajaknya bener, apakah PTKP nya bener, ada tanda tangannya enggak, baru lanh dibuat LAPD (lembar Pengawasan Arus Dokumen). Nyetak LPAD tidak main-main lo sodara-sodaram kalau antar jenis pajak dan tahun pajak beda denga SPT (Surat Pemberitahuan), makan itu udah gak bisa diedit dan udah bakal masuk sistem, solusinya ane serahin ke senior, wkk. Gak,gak. Kita bakal telepon LASIS, untuk mengubah data cuy. Tapi itu bukan hak dan wewenang saya, jadi biarlah yang salah diserahkan ke senior (parah banget luh, Win).
Selain cetak LPAD, ane dan Tia diberikan tugas yang sangat mulia banget oleh Pak Bos, yaitu Kasi Pelayananan, buat ngecek SPT (lagi) diitung lembarannya dan kasih barcode di atas LPAD. Itu ada 1000 lebih SPT yang harus ane barcode dan itu pasti ada terus setiap harinya Cuy, ane juga kagak ngerti ini kenapa masih ada aja kerjaan barcode yang harus udah lama dikirim ke KPDDP atau PPDDP, tapi baru dikerjain sekarang. Udah pasti ada beberapan yang dikirim, tapi tahun lalu coy, yang dibalikin lagi karena kurang teliti. Jadi yang dibalikin lagi ke kantor ada sekitar 1000 SPT. Dan ane dan Tia harus ngecekin itu semua (lagi). Tentunya bukan berdua ajeh, tapi, pak Alfa dan mas Ary bantu kami. Haha. (Ya masak Cinderella dibikin lecet tangannya gara-gara SPT).
Gegara kami kerjaannya liatin SPT, Pak Imam sampai bilang,  “Gak makan? Oo makan SPT ya?” haha. Capai deh, haha. Memang kenyataannya demikian. Kalau masalah PKP itu urusan Pak Kasi, Bu Anis, dan Pak Imam, atau kadang-kadang barenga mas Hafid atau mba Nana. Pokoknya katanya kasi sekarang lebih perfectionis, maunya bener semua dan harus pintar untuk menggali potensi pajak lebih dari PKP, dari PPh pasal 4(2) dan PPh pasal 23, atau yang lainnya. Pokoknya keren sihh.
Selain itu ane, suka banget nrima telepon dari wp, walaupun pernah suatu kali di OJT, ditanya kapan yang harus lapor SPT PPN, saya nanya ke mana-mana, tapi salah, akhirnya ane malu dong. Haha. Ternyata yang benar adalah akhir bulan berikutnya, TET TOT rasanya pengin banget potong rambut sampe botak karena malu ama rambut. Wkk.
Intinya Senin depan masih harus ngasih barcode, haha. Ada hal lain intinya kalau tiap dua hari sekali ane bisa liat mas-mas ganteng di pelayanan, eits bukan naksir, Cuma cuci mata karena yah tahu dirilah cinderella masih TP TP cari pangeran, bukan lah, karena yang lainnya om-om getoh, yang patutnya dijadikan tempat bertanya. Kalau mas-mas ganteng tempat buat naruh mata, wkk.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar